Pages

Tuesday, July 28, 2009

Sang Pengumpul Asap

Dah agak lama siy sebenernya gw balik ke kampus. Terakhir pas jaman"nya wisuda hehehehehe. NAh...sekarang ternyata tuntutan profesi membuat gw beraktivitas lagi di kampus. Ada hal menarik yang gw temukan di sela kerjaan gw. Cerita tentang pengumpul asap.

"Sang pengumpul asap" sebenernya adalah judul dari film dokumenter yang dibuat ama anak TEP. Hebatnya adalah film ini masuk ke dalam semifinalis Eagle Awards yang diselenggarakan ama MetroTV. Film ini bercerita tentang aktivitas para penduduk yang membuat asap cair. Asap dalam bentuk cair itu dapat digunakan sebagai bahan pengawet yang tidak berbahaya seperti formalin. Bisa untuk pengawet produk mie, tahu, ikan dll dan juga sebagai desinfektan.

Setelah gw tanya-tanya mbah Google, ternyata teknologi asap cair ini bukan hal yang baru. beberapa institusi pendidikan atau penelitian telah mempublikasikan pembuatan asap cair ini dengan bahan yang berbeda-beda. Yang menarik adalah hal tersebut belum tersosialisasikan pada masyarakat secara luas, termasuk gw. Gw gak tau ternyata asap bisa dibotolin. Pertama kali lihat...gw pikir sirup...ternyata asap cair hehehehehe.

Sesuai dengan tujuan dibuatnya film dokumenter, harapannya dapat menyorot hal yang seringkali ada di lingkungan kita tapi tidak pernah kita sadari. Minimal gw jadi tau bahwa anak kampus punya ide cerdas yang dituangkan dalam bentuk inovasi, dikembangkan dan di masyarakat dan disoroti secara khusus dalam bentuk film dokumenter. Salut!!!

P.S: Karena ide ini baru dalam tahap proposal, jadi belum berupa filem. JAdi film kalau nanti lolos jadi finalis. Jadi kalau kamu anak IPB yang bangga ama adik kelas yang oke, jangan lupa vote yah.... FATETA lho mereka hihihihi ^.^v

Regards,
Eny Widiya

2 comments:

Jonathan said...

bener bget dah kak..
salam kenal,, Yan TEP 44..
caiooo buat anak FATETA terlebih lagi Buat anak IPB..
kebalik tuh ya??
gud luck 4 you Agrha n you K Lilis!!!!

Eny Widiya Astuti said...

hehehe...adik kelas yah. DAh lama niy gak ke Fateta. Senang rasanya lihat nama" anak Fateta di media. TEP tuh terkenal ama prestasi nasional lho. JAdi ayo semangat!!!