Pages

Friday, February 22, 2008

Pentingnya Pendidikan

"...Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat..." (QS 58:11)

Ayat diatas hanya sebagian dari firman Allah tentang kedudukan ilmu dan perlunya menuntut ilmu. Pendidikan yang kita terima menentukan derajat kita di dunia dan di akhirat nanti. Pendidikan akan membantu manusia untuk menjalani kehidupannya di dunia.

Salah satu acara favorit gw adalah The Oprah Winfrey Show yang tayang di MetroTV hari Kamis-Minggu jam10 pagi. Every single show means a lot to me, tapi tema yang paling berkesan adalah tentang pendidikan dan orang-orang yang care ttg pendidikan. Ada banyak hal yang membuat gw tersentak dan berpikir kembali tentang diri gw sendiri dan lingkungan sekitar.

Selain menuntut ilmu, selama menjadi mahasiswa gw juga aktif di organisasi. Banyak hal yang gw pelajari mulai dari manajemen organisasi, fund raising, pengabdian sampai politik. Dari semua hal itu gw dapat pengalaman, pelajaran dan kepuasan pribadi. Tetapi yang paling berkesan dan menurut gw memperkaya batin adalah pengabdian ke masyarakat. Sehubungan dengan status gw yang masih mahasiswa dan punya sumber daya yang terbatas, yang bisa gw bagi adalah pengetahuan.

Salah satu program kerja di HMI adalah TPA Insan Cita. Disini gw ama beberapa temen" KOHATI ngajar ngaji tiap hari minggu pagi di GSMI. Muridnya adalah anak-anak penduduk sekitar sekretariat HMI. Anak yang belajar disini masing-masing punya background keluarga yang beda. Ngajar mereka gampang-gampang susah, kadang menyenangkan tapi tidak berarti gak bikin rambut ubanan karena nakalnya. Tapi dari pengalaman ini, kita sama-sama belajar. Mereka belajar dari kita dan kita belajar dari mereka, secara langsung maupun tidak langsung.

Tiap waktu yang gw lewatkan dengan anak-anak TPA Insan Cita tidak ada yang tidak bermanfaat buat gw pribadi. Gw banyak belajar dari mereka, belajar sabar, belajar menyampaikan ilmu, belajar berempati, dan belajar mensyukuri tiap anugerah yang Allah kasih ke gw. Dengan memberi kita belajar untuk tidak egois dan peduli terhadap lingkungan sekitar. Hal-hal tersebut akan memperkaya batin kita sebagai manusia dan sebagai hamba Allah.

Pendidikan adalah salah satu solusi untuk mengurangi masalah-masalah yang banyak menimpa kita saat ini. Tingkat kriminalitas, kemiskinan, pengangguran dsb mungkin dapat dikurangi dengan pendidikan dan keterampilan. Sebagai mahasiswa dan juga manusia, kita dapat berbuat sesuatu dilingkungan sekitar kita. Berbagi pengetahuan, pengalaman dan keterampilan dengan orang lain tidak akan memberikan kerugian pada kita, bahkan sebaliknya manfaat jangka pendek dan jangka panjang pasti akan datang dengan sendirinya. So...start to think about others beside yourself.

Regards,
Eny Widiya

0 comments: