Pages

Wednesday, February 06, 2008

PKS Jadi Plural

Jakarta dan sekitarnya dilanda hujan terus menerus hari KAmis-Jumat minggu lalu. Bisa ditebak akibatnya adalah air menggenang dimana-mana dan menyebabkan kemacetan luar biasa menyaingi kemacetan karena jalur busway baru sebelumnya. Jalan-jalan protokol yang seharusnya bebas banjir, kaga luput juga dari 'genangan' air ini. Yang juga bikin parah adalah putusnya akses ke dan dari bandara Intl Soekarno-Hatta. Ditengah semua 'tenggelamnya' Jakarta dan sekitarnya, ada satu berita yang make me turn my head. Ada cerita dari MUKERNAS PKS di Sanur, Bali.

Di awal bulan Februari 2008 ini, salah satu partai Islam, PKS menyelenggarakan MUKERNAS mengikuti langkah beberapa partai besar lain yang meng-konsolidasi diri menjelang 2009. Sanur, yang akhir-akhir ini populer sebagai tempat pertemuan, menjadi saksi dideklarasikannya kebijakan-kebijakan baru partai. Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang sebelumnya bernama Partai Keadilan (PK) menggunakan Islam sebagai azas perjuangan dan dasar-dasar partai. Dan dari info teman, metode rekrutmen dan perkaderannya pun sangat Islami. Untuk menjadi anggota partai ini, ada beberapa proses dan persyaratan yang harus dipenuhi sebelum dapat menyebut dirinya anggota PKS. Correct me if I'm wrong.

Tadi malam gw melihat breaking news di MetroTV, yang memberitakan tentang sebagian hasil MUKERNAS PKS di Sanur. Yang mengejutkan adalah, PKS memutuskan untuk menjadi partai yang terbuka dan pluralis. Hal ini diterjemahkan dalam kebijakan rekrutmen, perkaderan dan kebijakan politik PKS yang tidak lagi dibatasi oleh satu golongan atau agama. Statement yang keluar dari Mahfuz Siddiq (anggota DPR-RI fraksi PKS) adalah PKS terbuka bagi semua agama, golongan, suku dll. That's really a statement guys...!! Disatu sisi ini adalah hal yang baik, karena selama ini PKS ditingkat daerah memang sudah sering berkoalisi dengan partai yang memiliki latar belakang ideologi beragam. Disisi lain apakah kebijakan ini akan berpengaruh positif atau negatif pada loyalitas anggota.

Gw bukan orang PKS dan frankly gw gak pernah dukung PKS, tapi gw punya banyak kawan orang PKS or simpatisan PKS. One thing I know, temen-temen gw bener" ngebanggain metode rekrutmen dan perkaderan PKS yang mereka nilai 'Islam' bgt. Kelebihan PKS yang menonjol adalah mereka mampu dan punya basis massa yang loyal dan aktif. Dengan kebijakan PKS yang sekarang, entah basis massa dibawah akan dapat menerima dan beradaptasi, we'll see.... Kalau menurut gw pluralitas yang dimaksud tak lain hanya untuk melanggengkan kekuasaan dan memuluskan jalan partai pada Pemilu 2009 mendatang. But, who knows? Maybe I was wrong....

Politik memang penuh lika-liku, intrik dan strategi. Semua bisa jadi sah untuk mencapai suatu tujuan. Tapi menurut gw politik yang baik adalah melakukan cara" untuk mencapai tujuan, tanpa perlu mengorbankan ideologi dan prinsip pribadi. Pencapaian tujuan dengan menghalalkan segala cara sama saja dengan tidak memahami arti politik sebenarnya. Belajarlah dari pandangan dan perilaku Rasulullah SAW dalam berpolitik, insya4JJI banyak hal yang bisa disarikan.

Regards,
030208
Eny Widiya

0 comments: