Pages

Wednesday, January 14, 2009

Palestine and Traffic jam

Ada hal yang baru di lingkungan sekitar gw. Fyi, kosan gw tuh ada di daerah Radar tepatnya dekat Pabrik Garment Pintu Mas. Sebagai pabrik garmen yang notabene padat karya, maka daerah sekitar gw bisa dipastikan selalu jadi titik kemacetan pada pagi-siang-sore-mlm. Macetnya tentu aja berhubungan langsung ama jam-jam masuk-istirahat-keluar karyawan pabrik. Kalau sore biasanya dimulai jam 17.30-18.30 petang gitu.

Nah...yang baru adalah lebih dari seminggu ini mulai jam4 sore dah mulai macet tuh. Ternyata hal tersebut disebabkan anak-anak mhsw STEI TAzkia (kampusnya deket situ) yang bikin posko dadakan galang dana untuk Palestina. Hal ini sudah berlangsung seminggu lebih dan tiap hari yang galang dana orangnya makin banyak. Hari-hari awal semua penggalang dananya cowo-cowo, yang pake slayer buat nutupin sebagian muka, entah buat ngalangin asap kendaraan atau malu kali ama mukanya sendiri hehehehe.... Tapi makin kesini yang cewe-cewe juga makin banyak, mana manis-manis lagi hihihihi....

Sepertinya temen-temen ini abis jadwal kuliah pada manfaatin waktunya untuk galang dana. Jadwal kuliah yang beres sore itupun gak jauh ama jadwal orang pulang kantoran or kampusan. Imbasnya ya tentu aja macet...macet...macet... Tanggepan orang siy beda-beda. Waktu gw naik angkot, ada yang simpatik ada juga yang menganggap usaha mereka tuh mengganggu kelancaran lalu lintas. Kalau gw pribadi siy salut aja ama upaya mereka. Mereka tanggap situasi dengan cepat melakukan upaya penggalangan dana (which is adl hal yang paling diperlukan oleh masyarakat Palestina). Jam habis kuliah pun dimanfaatkan rame-rame untuk galang dana. Hal itu yang belum gw temuin di IPB yang notabene kampus besar di Dramaga.

Terlepas dari semua sentimen agama, ras or anything in particularly debatable, seharusnya harus ada tindak nyata sekecil apapun bentuknya. Ketika kita mulai tidak peduli akan sekeliling, maka sekelilingpun akan mulai tidak peduli pada kita.

I don't know all the details of the conflict. Tapi menurut gw isu utama saat ini adalah bagaimana mengurangi penderitaan para korban (from all sides) dan mengurangi jatuhnya korban lagi. So guys...do something...even it just a pray for them...

Regards,
Eny Widiya

0 comments: